Indonesian Institute for Society Empowerment (INSEP) melakukan pendampingan masjid-masjid di 3 daerah sekaligus yaitu Surakarta (Jawa Tengah), Poso-Palu (Sulawesi Tengah) dan Jabodetabek. Setiap daerah ada 15 Masjid yang didampingi sehingga total keseluruhan ada 45 masjid di ketiga daerah. Kegiatan ini dilakukan dalam rentang waktu tiga bulan yaitu Juli sampai dengan September 2017.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat kapasitas takmir masjid dan khatib dan mendorong agar masjid menjalankan fungsi-fungsi sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullullah Sallallahu alaihi wa sallam. Masjid tidak hanya digunakan sebagai tempat aktivitas ritual keagamaan, tapi juga difungsikan untuk berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan, pendidikan dan bahkan pemberdayaan ekonomi. Banyak hal yang bisa direalisasikan melalui masjid untuk tujuan kemaslahatan umat secara luas. Kegiatan ini juga ingin mengamati implementasi Panduan Khutbah Jum'at yang disusun oleh INSEP.

Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat orang berkumpul untuk melaksanakan shalat berjamaah dan kegiatan ibadah lainnya. lebih dari itu masjid menjadi pusat pemberdayaan masyarakat dan pemersatu umat. Karena itulah, terkait situasi dan kondisi kebangsaan masjid perlu dioptimalkan dalam rangka menciptakan masyarakat madani yang toleran dan saling menghargai keragaman.

Masjid dapat digunakan untuk mewujudkan kesejahteraan dan ketertiban sosial melalui dakwah-dakwah kegamaan. Jika di Indonesia terdiri dari masyarakat yang majemuk, maka masjid hendaklah mendakwahkan kesejukan dalam praktik kehidupan sehari-hari yang meneladani akhlak Rasulullah Sallallahu alaihi wa sallam yang sangat toleran dan memaklumi perbedaan umat manusia.

Karena pentingnya masjid sebagai tempat ibadah dan juga pusat pemberdayaan masyarakat sekaligus pemersatu umat, maka Khatib sebagai orang yang menyebarkan ajaran islam dan nilai-nilai kemanusiaan sejatinya berfungsi memberikan ketenangan kepada jamaah, menyampaikan Islam yang rahmatan lil alamin dan menyampaikan pesan-pesan kebangsaan dan keindonesiaan.

Kunci kedamaian dari dalam masjid adalah pengurus masjid, khatib jum'at, penceramah, dan pengajar pada kegiatan yang diselenggarakan di masjid.

f t g
Hak Cipta © 2020 Insep. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah software bebas dirilis dibawah lisensi GNU General Public License.

Kami memiliki 110 guests dan tidak ada anggota yang online