Acara Workhsop dengan tema: “Melawan Narasi Radikal: Memperkuat Kapasitas Khatib dan Pengurus Masjid” merupakan tindak lanjut dari kegaitan pembuatan buku Modul Khatib Jum’at dan hasil riset yang dilakuakan INSEP di sejumlah Masjid tertentu yang dilakukan di Solo Jawa Tengah, di Poso-Palu Sulawesi Tengah, dan di Jabodetabek.
Kegiatan Workshop dilaksanakan Bekasi, 21-23 Februari 2018, Solo. 6 – 8 Maret 2018 dan Palu pada Maret 2018, masing-masing diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari 15 Masjid, peneliti lokal, utusan dari kemenag, MUI, Ormas Islam serta Dewan Masjid Indonesia.
Materi pelatihan yang berisi nilai-niali keislaman dan keindonesiaan disampaikan melalui cara diskusi dengan suasana rileks, santai dan disertai game-game yang menghidupkan suasana psikologis peserta.
Adapun materi yang disampaiakan diantaranya yaitu: Peran Khatib dan Takmir Masjid dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Keislaman dan Kedamaian, Khutbah Jum’at: Media Alternatif dalam Memperteguh Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai Dasar Negara, Peran Khatib dan Masjid dalam Membangun Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur, Imamah, Khilafah, Syariah dan NKRI: Wacana yang Selalu Hadir di Tengah Kita, Islam dari Rasullullah sampai Akhir Zaman: Kita Berada di Mana?, Peningkatan Kapasitas bagi SDM Pengurus Masjid,
Kegiatan ini menghasilkan para kader Khatib dan Pengurus Masjid yang memiliki Nilai-Nilai Luhur Kebangsaaan dengan tidak meninggalkan Nilai-nilai agama yang dapat saling beriringan. Para peserta sepakat bahwa penyampaian dakwah tidak harus dengan kekerasan dan narasi kebencian, tetapi dengan akhlakul karimah dan nilai Islam yang cinta damai.

f t g
Hak Cipta © 2020 Insep. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah software bebas dirilis dibawah lisensi GNU General Public License.

Kami memiliki 128 guests dan tidak ada anggota yang online